Saturday, September 27, 2014

2020?

Guys, kalian pernah bayangin ga sih secanggih apa teknologi komputer di tahun 2020?
Nih ya, kita bisa lihat teknologi komputer dari tahun ke tahun akan selalu berkembang. Menurut hukum Moore, teknologi akan berkembang 2X lipat setiap 18 bulan, a.k.a sekitar 1,5 tahun.. Coba aja kita lihat teknologi komputer tahun  ini sudah sangat berkembang, seperti laptop semakin tipis karena semakin berkembangnya teknologi nano, tablet yang merajalela, dan cell phone touchscreen yang mempermudah segalanya.

http://4.bp.blogspot.com
http://upload.wikimedia.org
Kita coba rewind sebentar ya, teknologi computer 1,5 tahun yang lalu. Apakah udah ada tablet? Sudah sih, seperti produk Apple pertama kali meluncurkan Ipad 2 tahun 2011, tapi penggunanya belum banyak. Tentu saja sangat berbeda dengan tahun ini, kita bisa lihat minimal 1 pengguna tablet di setiap harinya. Dan Samsung pertama kali meluncurkan cell phone touchscreen di Indonesia tahun 2011, tapi penggunanya tidak sebanyak sekarang dan fiturnya tidak secanggih sekarang. Sehingga kita bisa bayangkan, seperti apa teknologi komputer di tahun 2016? 2018? Atau 2020? Tentu jauh lebih canggih dari tahun ini.

http://faisalrasbihan.files.wordpress.com
Di tahun 2000an, ada film yang memprediksi seperti apa teknologi komputer di tahun 2020. Judul filmnya “Understanding Cyberworld 2020”. Film ini memprediksi teknologi komputer menggunakan hokum Moore. Sehingga di tahun 2020 diperkirakan, manusia akan sangat ketergantungan dengan teknologi komputer khususnya internet. Contohnya, ketika kita ingin dikulkas kita ada buah apel, mangga dan jeruk kita tinggal memilihnya dan tentukan buah itu akan ada didalam kulkas jam berapa. Sehingga ketika kita membuka kulkas dijam yang kita tentukan, buah mangga, apel dan jeruk sudah tersedia didalam kulkas. Selain itu, robot juga
sangat berkembang. Robot akan seperti sahabatnya manusia yang akan selalu mempermudah pekerjaan kita. Dan teknologi komputer di tahun 2020 dapat memprediksi seperti apa anak yang kita inginkan, dengan menggunakan rekayasa genetika.

Tentu saja dari penjabaran itu semua akan ada keuntungan dan kerugian yang kita dapatkan. Keuntungan dari teknologi komputer yang berkembang di tahun 2020, pekerjaan manusia akan dipermudah oleh robot, sehingga waktu yang digunakan di suatu pabrik industri atau kegiatan sehari-hari akan lebih efisien. Untuk bidang kesehatan, teknologi komputer akan membantu para dokter untuk menyembuhkan pasiennya,misalnya obat yang mana yang paling tepat diberikan. Kita sebagai mahasiswa juga mendapatkan keuntungannya, kita tidak usah membawa laptop yang berat-berat lagi, karena laptop akan semakin tipis dan ringan.

Akan tetapi, kita juga mendapat kerugian dari teknologi komputer yang begitu canggih. Manusia akan menjadi lebih pemalas, karena semuannya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tablet/computer untuk melakukan sesuatu. Seperti, tidak usah pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan rumah dan keliling dunia hanya menggunakan internet. Sosialisasi antarmasyarakat akan menurun drastis, karena semuannya bisa dibicarakan lewat internet seperti media sosial. Sehingga manusia akan lebih aktif di dunia maya, dibandingkan dunia nyata. Dan seperti bangsa kita, bangsa Indonesia kan memiliki budaya-budaya yang sangat beragam. Akan tetapi, karena teknologi yang berkembang, budaya itu lama-kelamaan akan menghilang.

So, secanggih apapun teknologi kita nantinya. Kita harus bisa menggunakannya secara bijak. Karena semua yang berlebihan itu pasti tidak baik. Kita juga membatasi sejauh mana kita membutuhkan teknologi dalam menjalankan kehidupan kita sehari-hari. Untuk meminimalisir dampak negatif dari teknologi komputer di tahun 2020 itu, kita merubah cara pandang seseorang tentang teknologi komputer. Salah satunya dengan cara memutarkan film-film yang (bukan) membuat sesorang berpikiri robot atau teknologi komputer itu buruk, seperti film-film sekarang.

Refrensi :
- Film "Understanding Cyberworld 2020"
- http://warkop-its.blogspot.com
- http://ipad.about.com
- http://www.mooreslaw.org/

No comments:

2 SHS, Depok

1 JHS, Balikpapan